Terjemahan Matan Ushul Tsalatsah, Bag 5: Pokok Ketiga – Dalil Akan Wafatnya Nabi

0
59

Terjemahan Matan Ushul Tsalatsah, Bag 5: Pokok Ketiga – Dalil Akan Wafatnya Nabi

الأَصْلُ الثَّالِثُ: مَعْرِفَةُ نَبِيِّكُمْ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Pokok ketiga: Mengenal Nabi kalian Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

وَهُوَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ بْنِ هَاشِمٍ، وَهَاشِمٌ مِنْ قُرَيْشٍ، وَقُرَيْشٌ مِنَ الْعَرَبِ، وَالْعَرَبُ مِنْ ذُرِّيَّةِ إِسْمَاعِيْلَ بْنِ إِبْرَاهِيْمَ الْخَلِيْلِ عَلَيْهِ وَعَلَى نَبِيِّنَا أَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ

Dan beliau adalah Muhammad bin ‘Abdullah bin ‘Abdul Muththallib bin Hasyim. Hasyim dari Quraisy, Quraisy dari bangsa Arab, bangsa Arab dari keturunan nabi Isma’il, putra Nabi Ibrahim al-Khalil semoga Allah melimpahkan kepadanya dan kepada Nabi kita sebaik-baik shalawat dan salam.

وَلَهُ مِنَ الْعُمُرِ ثَلاثٌ وَسِتُّوْنَ سَنَةً, مِنْهَا: أَرْبَعُونَ قَبْلَ النُّبُوَّةِ, وَثَلَاثٌ وَعِشْرُوْنَ نَبِيًّا رَسُوْلًا.

Dan beliau berumur 63 tahun, diantaranya: 40 tahun sebelum beliau menjadi nabi, dan 23 tahun sebagai nabi serta rasul.

نُبِّئَ بِـ ((اقرأ)). وَأُرْسِلَ بـ ((المدثر)), وَبَلَدُهُ مَكَّةُ, بَعَثَهُ اللهُ بِالنَّذَارَةِ عَنِ الشِّرْكِ وَيَدْعُوْ إِلَى التَّوْحِيْدِ

Beliau diangkat sebagai nabi dengan “Iqra”, dan diangkat sebagai rasul dengan “Al-Mudatstsir”. Negeri (tempat asal) beliau adalah Makkah. Beliau diutus Allah untuk menyampaikan peringatan menjauhi syirik, dan mengajak kepada tauhid.

وَالدَّلِيْلُ قَوْلُهُ -تَعَالَى-:  يَٰٓأَيُّهَا ٱلۡمُدَّثِّرُ  ١ قُمۡ فَأَنذِرۡ  ٢ وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ  ٣ وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ  ٤ وَٱلرُّجۡزَ فَٱهۡجُرۡ  ٥ وَلَا تَمۡنُن تَسۡتَكۡثِرُ  ٦ وَلِرَبِّكَ فَٱصۡبِرۡ  ٧  [الـمّـدّثّـر:1-7]

Dalilnya, firman Allah Ta’ala, “Wahai orang yang berselimut! Bangunlah, lalu sampaikanlah peringatan. Agungkanlah Tuhanmu. Sucikanlah pakaianmu. Berhala-berhala itu, tinggalkanlah. Dan janganlah engkau memberi, sedang engkau menginginkan balasan yang lebih banyak. Serta bersabarlah untuk memenuhi perintah Tuhanmu.” (Q.S. Al-Mudatstsir 74 : 1-7)

وَمَعْنَى

Dan maknanya:

قُمۡ فَأَنذِرۡ: يُنْذِرُ عَنِ الشِّرْكِ وَيَدْعُو إِلَى التَّوْحِيْدِ

Bangunlah, lalu sampaikanlah peringatan: mengingatkan (untu menjauhi) syirik, dan mengajak kepada tauhid.

وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ: عَظِّمْهُ بِالتَّوْحِيْدِ

Dan agungkanlah Tuhanmu: agungkanlah Dia dengan tauhid.

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرۡ: أَيْ طَهِّرْ أَعْمَالَكَ مِنَ الشِّرْكِ

Dan sucikanlah pakaianmu: sucikan segala amalmu dari perbuatan syirik.

وَٱلرُّجۡزَ فَٱهۡجُرۡ، الرُّجْزُ: الأَصْنَامُ، وَهَجْرُهَا: تَرْكُهَا وَأَهْلِهَا, وَالْبَرَاءَةُ مِنْهَا وَأَهْلِهَا

Dan Ar-Rujz, boikotlah. Ar-Rujz artinya berhala-berhala. Dan cara memboikotnya adalah meninggalkannya dan pelakunya, dan membebaskan diri darinya dan pelakunya.

أَخَذَ عَلَى هَذَا عَشْرَ سِنِينَ يَدْعُو إِلَى التَّوْحِيدِ

Beliau meengambil alih ini selama 10 tahun, mengajak kepada tauhid.

وَبَعْدَ الْعَشْرِ عُرِجَ بِهِ إِلَى السَّمَاءِ وَفُرِضَتْ عَلَيْهِ الصَّلَواتُ الْخَمْسُ

Setelah sepuluh tahun itu, beliau dimi’rajkan ke langit dan disyariatkan kepada beliau shalat lima waktu.

وَصَلَّى فِي مَكَّةَ ثَلَاثَ سِنِيْنَ, وَبَعْدَهَا أُمِرَ بِالْهِجْرَةِ فِي الْمَدِيْنَةِ

Beliau melakukan shalat di Makkah selama tiga tahun, dan sesudah itu, beliau diperintahkan untuk berhijrah ke Madinah.

وَالْهِجْرَةُ: الِانْتِقَالُ مِنْ بَلَدِ الشِّرْكِ إِلَى بَلَدِ الْإِسْلَامِ

Hijrah: perpindahan dari negeri (lingkungan/tempat) kesyirikan ke negeri islam.

وَالْهِجْرَةُ فَرِيضَةٌ عَلَى هَذِهِ الأُمَّةِ مِنْ بَلَدِ الشِّرْكِ إِلَى بَلَدِ الْإِسْلَامِ، وَهِيَ بَاقِيَةٌ إِلَى أَنْ تَقُوْمَ السَّاعَةُ. وَالدَّلِيْلُ

Hijrah adalah kewajiban atas  umat ini dari negeri kesyirikan menuju negeri islam, dan kewajibannya tetap berlaku sampai hari kiamat. Dan dalilnya:

قَوْلُهُ -تَعَالَى-:  إِنَّ ٱلَّذِينَ تَوَفَّىٰهُمُ ٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ ظَالِمِيٓ أَنفُسِهِمۡ قَالُواْ فِيمَ كُنتُمۡۖ قَالُواْ كُنَّا مُسۡتَضۡعَفِينَ فِي ٱلۡأَرۡضِۚ قَالُوٓاْ أَلَمۡ تَكُنۡ أَرۡضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٗ فَتُهَاجِرُواْ فِيهَاۚ فَأُوْلَٰٓئِكَ مَأۡوَىٰهُمۡ جَهَنَّمُۖ وَسَآءَتۡ مَصِيرًا ٩٧ إِلَّا ٱلۡمُسۡتَضۡعَفِينَ مِنَ ٱلرِّجَالِ وَٱلنِّسَآءِ وَٱلۡوِلۡدَٰنِ لَا يَسۡتَطِيعُونَ حِيلَةٗ وَلَا يَهۡتَدُونَ سَبِيلٗا ٩٨ فَأُوْلَٰٓئِكَ عَسَى ٱللَّهُ أَن يَعۡفُوَ عَنۡهُمۡۚ وَكَانَ ٱللَّهُ عَفُوًّا غَفُورٗا  ٩٩  [النساء:97-99]

Firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan oleh malaikat dalam keadaan zhalim terhadap diri mereka sendiri, malaikat bertanya, ‘Dalam keadaan bagaimana kalian dulu?’. Mereka menjawab, ‘Kami adalah orang-orang yang tertindas di muka bumi’. Para malaikat berkata, ‘Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah ke mana saja di bumi ini’. Maka mereka itulah tempat tinggalnya neraka Jahannam dan Jahannam itu adalah seburuk-buruk tempat kembali. Kecuali orang-orang yang tertindas di antara mereka, seperti kaum lelaki dan wanita serta anak-anak yang mereka itu dalam keadaan tidak mampu menyelamatkan diri dan tidak mengetahui jalan untuk hijrah, maka mudah-mudahan Allah memaafkan mereka. Dan Allah adalah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.” (Q.S. An-Nisaa’ 4 : 97-99)

وَقَوْلُهُ -تَعَالَى-:  يَٰعِبَادِيَ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ إِنَّ أَرۡضِي وَٰسِعَةٞ فَإِيَّٰيَ فَٱعۡبُدُونِ ٥٦  [العنكبوت:56]

Dan firman Allah Ta’ala, “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Sesungguhnya bumi-Ku adalah luas, maka hanya kepada-Ku saja kalian beribadah.” (Q.S. Al-Ankabuut 29 : 56)

قَالَ الْبَغَوِيُّ -رَحِمَهُ اللهُ-: سَبَبُ نُزُوْلِ هَذِهِ الْآيَةِ فِي الْمُسْلِمِيْنَ الَّذِيْنَ فِي مَكَّةَ لَمْ يُهَاجِرُوْا نَادَاهُمُ اللهُ بِاسْمِ الْإِيْمَانِ

Al-Baghawi rahimahullah berkata, “Sebab turun ayat ini ditujukan kepada orang-orang muslim yang masih berada di Makkah yang mereka itu belum juga berhijrah. Karena itulah, Allah Menyeru kepada mereka dengan sebutan orang-orang yang beriman.”

وَالدَّلِيلُ عَلَى الْهِجْرَةِ مِنَ السُّنَّةِ قَوْلُهُ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: ((لَا تَنْقَطِعُ الْهِجْرَةُ حَتَّى تَنْقَطِعَ التَّوْبَةُ, وَلا تَنْقَطِعُ التَّوْبَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا))

Dan dalil kewajiban hijrah dari sunnah sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Hijrah tidak akan terputus hingga taubat terputus, dan taubat tidak akan terputus hingga matahari terbit dari barat.”

فَلَمَّا اسْتَقَرَّ فِي الْمَدِينَةِ, أُمِرَ بِبَقِيَّةِ شَرَائِعِ الْإِسْلَامِ, مِثلُ: الزَّكَاةِ، وَالصَّوْمِ، وَالْحَجِّ، وَالأَذَانِ، وَالْجِهَادِ، وَالأَمْرِ بِالْمَعْرُوْفِ، وَالنَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ، وَغَيْرِ ذَلِكَ مِنْ شَرَائِعِ الْإِسْلَامِ، أَخَذَ عَلَى هَذَا عَشْرَ سِنِيْنَ

Tatkala beliau (Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) menetap di Madinah, diperintahkanlah syariat-syariat lainnya, seperti: zakat, puasa, haji, adzan, jihad, amar ma’ruf dan nahi munkar, serta syariat-syariat Islam lainnya. Beliau mengambil alih ini (mendakwahkannya) selama 10 tahun.

وَتُوُفِّيَ -صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلامُهُ عَلَيْهِ- وَدِينُهُ بَاقٍ

Dan wafatlah beliau shalawatullahi wa salamuhu ‘alaihi, dan agamanya tetap dalam keadaan lestari.

وَهَذَا دِينُهُ. لا خَيْرَ إِلَّا دَلَّ الأُمَّةَ عَلَيْهِ, وَلا شَرَّ إِلَّا حَذَّرَهَا مِنْهُ

Dan inilah agamanya. Tidak ada kebaikan kecuali beliau tunjukkan kepada umatnya, dan tidak ada keburukan kecuali beliau peringatkan ummatnya darinya.

وَالْخَيْرُ الَّذِيْ دَلَّهَا عَلَيْهِ: التَّوْحِيدُ وَجَمِيْعُ مَا يُحِبُّهُ اللهُ وَيَرْضَاهُ

Kebaikan yang beliau tunjukkan ummatnya adalah tauhid dan segala yang dicintai dan diridhai Allah.

وَالشَّرُ الَّذِي حَذَّرَهَا مِنْهُ: الشِّرْكُ وَجَمِيْعُ مَا يَكْرَهُ اللهُ وَيَأْبَاهُ

Dan keburukan yang beliau peringatkan ummatnya darinya adalah syirik segala yang dibenci dan tidak disenangi Allah.

بَعَثَهُ اللهُ فِي النَّاسِ كَافَّةً، وَافْتَرَضَ طَاعَتَهُ عَلَى جَمِيْعِ الثَّقَلَيْنِ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ

Allah mengutusnya kepada seluruh umat manusia, dan mewajibkan ketaatan kepadanya atas seluruh jin dan manusia.

وَالدَّلِيْلُ قَوْلُهُ –تَعَالَى-:  قُلۡ يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنِّي رَسُولُ ٱللَّهِ إِلَيۡكُمۡ جَمِيعًا ١٥٨  [الأعراف:158]

Dan dalilnya firman Allah Ta’ala, “Katakanlah : Wahai manusia, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepada kalian semua.” (Q.S. Al-A’raaf 7 : 158)

وَكَمَّلَ اللهُ بِهِ الدِّيْنَ، وَالدَّلِيْلُ قَوْلُهُ تَعَالَى:  ٱلۡيَوۡمَ أَكۡمَلۡتُ لَكُمۡ دِينَكُمۡ وَأَتۡمَمۡتُ عَلَيۡكُمۡ نِعۡمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ ٱلۡإِسۡلَٰمَ دِينٗاۚ  ٣  [المائدة:3]

Dan Allah telah menyempurnakan agama-Nya melalui beliau. Dan dalilnya firman Allah Ta’ala, “Pada hari ini, telah Aku sempurnakan untukmu agamamu, dan Aku lengkapkan kepadamu nikmat-Ku, serta Aku ridhoi Islam itu menjadi agama bagimu.” (Q.S. Al-Maa’idah 5 : 3)

وَالدَّلِيْلُ عَلَى مَوْتِهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قَوْلُهُ -تَعَالَى-:  إِنَّكَ مَيِّتٞ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ  ٣٠ ثُمَّ إِنَّكُمۡ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ عِندَ رَبِّكُمۡ تَخۡتَصِمُونَ  ٣١ [الزمر:30-31]

Dan dalil yang menunjukkan bahwa beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga wafat firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya engkau akan mati dan sesungguhnya mereka pun akan mati pula. Kemudian, sesungguhnya kalian nanti pada hari kiamat berbantah-bantahan di hadapan Tuhan kalian.” (Q.S. Az-Zumar 39 : 30-31)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini